Skip to content

Wawancaradengan Ryan Chioh, Direktur Utama FarEastFlora.com

Momen Aha! - Percakapan dengan Ryan Chioh, Direktur Utama FarEastFlora.com

FarEastFlora.com bermula dari asal-usul yang sederhana sebagai seorang floris kecil, dengan ayah Ryan dan dua pamannya (pendirinya) menjual telur dan bunga dari belakang mobil van yang mengangkut barang mereka keliling Singapura pada tahun 60-an.

Ryan Chioh tumbuh di lingkungan ini dan benar-benar melalui “sekolah kehidupan” – mempelajari dasar-dasar menjalankan usaha perkebunan anggrek di Yew Tee, Singapura. Liburan sekolah biasanya berarti membantu dalam penjualan dan pengiriman bunga.

Saat ini, dengan pengetahuan mendalam Ryan dalam IoT dan kesadaran bahwa untuk membawa bisnis ke depan dan menyesuaikan dengan perubahan perilaku pembelian konsumen, Ryan berhasil menciptakan platform e-commerce – FarEastFlora.com. Peluncuran platform ini membuat bisnisnya mencakup pasar sasaran yang lebih luas, tidak hanya di Singapura, tetapi juga di Malaysia dan Hong Kong.

Ryan berbicara kepada kami tentang momen-momen aha! dalam mendorong bisnisnya menjadi floris online terkemuka di wilayah ini.

Apa saja momen aha! Anda?

Ada banyak momen aha! bagi saya. Yang benar-benar saya nikmati adalah ketika saya kembali dari Amerika Serikat dan menyadari bahwa model bisnis tradisional berbasis katalog hardcopy tidak lagi berkelanjutan dan kami perlu bertransformasi.

Pengalaman saya di Amerika Serikat, di mana e-commerce sedang berkembang pesat saat itu, membuat saya berpikir dan memberi saya ide untuk mendorong perubahan ini – pergeseran total menuju floris e-commerce dengan jangkauan yang jauh lebih luas yang mencakup tiga pasar, yaitu Malaysia, Singapura, dan Hong Kong.

Momen aha! lainnya adalah ketika kami harus mengubah pusat layanan pelanggan kami menjadi model kolaborasi jarak jauh. Seiring dengan berkembangnya bisnis dan meningkatnya jumlah panggilan masuk, saya mulai berpikir bagaimana cara terbaik dan termudah untuk memperluas tim pusat layanan pelanggan saya tanpa terbatas oleh ruang kantor.

Saya melakukan sedikit riset dan menemukan solusi pusat layanan pelanggan yang memungkinkan tim saya untuk menjawab panggilan dari rumah, dilengkapi dengan telepon IP yang tepat dan laptop. Ketika melihat kembali, saat Singapura harus memasuki ‘circuit breaker’, layanan kami kepada pelanggan berjalan dengan lancar – karena tim pusat layanan pelanggan kami sudah bekerja dari rumah.

Apa tantangan yang Anda hadapi yang memaksa Anda untuk berpikir ulang tentang bagaimana membawa franchise Anda ke platform e-commerce?

Ketika saya kembali ke Singapura setelah menyelesaikan pendidikan tinggi di Amerika Serikat, saya menyadari bahwa bisnis kami sangat bergantung pada klien yang datang langsung dan katalog – menjangkau pasar sasaran melalui brosur hardcopy yang mahal cukup terbatas.

Di Amerika Serikat pada waktu itu, e-commerce sedang berkembang pesat dan hal ini mendorong saya untuk berpikir ulang tentang model bisnis kami; untuk beralih ke platform e-commerce dan menjadi salah satu pelopor karena saat itu belum banyak layanan seperti itu di ruang ini.

Dalam memigrasi model bisnis Anda dari floris tradisional di toko ke floris online e-commerce, apa saja faktor pendukung utama yang Anda pikir akan membuatnya sukses?

Saya percaya bahwa banyak keberanian, kerja keras, kerja tim yang baik, dan teknologi/perangkat yang tepat sangat penting untuk memastikan kesuksesan model bisnis apapun.

Kami menjalankan banyak kampanye pemasaran untuk mengarahkan lalu lintas ke portal e-commerce kami dan karena saya cukup paham teknologi, saya cepat mengadopsi teknologi baru, platform baru yang saya lihat dapat memberikan nilai tambah untuk bisnis. Fokus kami adalah mengembangkan bisnis dan jika ada kesempatan untuk ‘outsourcing’ tugas operasional yang bukan merupakan aktivitas dan kompetensi inti kami, kami memanfaatkan atau berlangganan solusi yang tepat.

FarEastFlora.com berlangganan solusi leasing dari Rentalworks Group. Bagaimana hal ini membantu franchise Anda dari perspektif arus kas dan operasional?

Pada suatu titik dalam jalur pertumbuhan agresif kami, kami perlu mendapatkan komputer dengan cepat untuk tim kami. Sumber daya dan pengadaan komputer ini secara langsung akan memerlukan pengeluaran modal yang besar dan belum lagi biaya pemeliharaan.

Kami beruntung karena diperkenalkan pada solusi leasing terintegrasi dari Rentalworks. Kami tidak perlu repot untuk mendapatkan spesifikasi yang tepat dan yang paling penting, tanpa pengeluaran modal yang besar. Ini memungkinkan kami untuk fokus dan mengalokasikan modal untuk ekspansi bisnis.

Share This Post