Skip to content

Device-as-a-Service: Cara Ampuh untuk Menghadapi Tantangan Global

Dikutip dari perusahaan penelitian Gartner, pengiriman komputer di seluruh dunia mengalami penurunan yang terparah selama 9 tahun ini. Selama kuartal kedua 2022 pengiriman global menurun sebanyak 12.6% ke angka 72 juta jika dibandingkan kuartal yang sama tahun sebelumnya¹.

“Penurunan yang kami lihat di kuartal pertama 2022 semakin menjadi-jadi di kuartal kedua. Ini di dorong oleh ketidakstabilan geopolitik karena perang Russia-Ukraina, inflasi, dan permintaan untuk Chromebook yang menurun tajam” kata Mikako Kitagawa, direktur riset di Gartner. “Gangguan terhadap supply chain juga terus berlanjut, namun penyebab utama lambatnya pengiriman komputer beralih dari kekurangan komponen menjadi gangguan logistik”¹.

Di Asia Tenggara sendiri, beberapa perusahaan Malaysia mulai dari produsen kelapa sawit hingga manufaktur semikonduktor harus merugi miliyaran karena negosiasi berlarut-larut mengenai aturan perlindungan pekerja dengan Indonesia dan Bangladesh².

Ditambah lagi krisis kekurangan chip silikon dan gangguan karena COVID-19 di Cina yang membuat sektor teknologi kesulitan dalam memenuhi permintaan akan produk baru.

Inilah beberapa “badai” yang sering didengar dan dihadapi oleh para perusahaan belakangan ini. Semua hal ini, bersamaan dengan gangguan global lainnya, mengakibatkan pengeluaran meningkat drastis. Banyak tantangan yang harus dihadapi oleh perusahaan jika mereka ingin meningkatkan pendapatan mereka, atau bahkan hanya sekedar mempertahankan keuntungan.

Device-as-a-Service… solusi untuk bertahan melawan “badai”

Realitanya di era digital seperti sekarang, banyak proyek IT yang tidak boleh berhenti. Karena itu demi memaksimal biaya dan menjaga produktivitas, cara kerja yang mobile seperti WFH & WFA menjadi hal yang hampir wajib. Walaupun dibayangi oleh gangguan-gangguan global dan biaya yang meningkat, perusahaan harus bisa mencari cara agar terus bertumbuh.

Satu solusi yang ampuh untuk mencapai hal tersebut adalah Device-as-a-Service atau biasa disingkat DaaS. DaaS merupakan sebuah platform untuk mengelola perangkat IT secara menyeluruh, mulai dari pengadaan, pemeliharaan, perbaikan hingga pembaruan untuk menjaga performa dan produktifitas. Melalui pengelolaan perangkat yang komprehensif dan terintegrasi ini, perusahaan bisa fokus sepenuhnya dalam menumbuhkan bisnis mereka.

DaaS merupakan pilihan yang semakin disukai karena dapat mengatasi terhambatnya pengadaan aset IT karena gangguan logistik global. Dengan demikian, inisiatif dan proyek pengembangan bisnis dapat terus berjalan dengan lancar. Penyedia DaaS pada umumnya memiliki stok cadangan, baik itu perangkat baru maupun lama yang bisa dimanfaatkan oleh pelanggan untuk terus beroperasi dan mengembangkan bisnis mereka.

Selain dari membantu pengadaan perangkat, DaaS memiliki berbagai keuntungan lainnya:

  • Memperlancar Cashflow

Karena DaaS menyediakaan penyewaan perangkat yang termasuk dalam operating expenses (OPEX) dan bukan capital expenses (CAPEX), anggaran lebih mudah diukur dan tidak perlu lagi mengeluarkan modal yang besar di awal untuk pembelian perangkat.

  • Mengurangi Biaya Kepemilikan Total

DaaS meminimalisir beban yang timbul karena pesatnya perkembangan teknologi dan digitalisasi. Perusahaan bisa mengurangi biaya kepemilikan seperti biaya kerusakan perangkat dan pembaruan software, karena akan di ditanggung oleh sang penyedia perangkat sebagai pemilik.

Berdasarkan sebuah studi oleh IDC, DaaS membantu perusahaan untuk mengurangi biaya perangkat PC mereka hingga 17%, dengan dampak yang lebih signifikan ke UKM. DaaS juga dapat mengurangi beban kerja IT hingga 16%.

  • Pembaruan Aset yang Efisien dan Berkelanjutan

DaaS memungkinkan perusahaan untuk memperbarui aset IT mereka dengan teknologi yang terbaru agar kinerja & produktivitas tetap terjaga. Perangkat lama akan dibenahi dan disewakan kembali, atau di daur ulang mengikuti prinsip ekonomi sirkular. Ini semua akan membantu perusahaan dalam mudah mencapai tujuan mereka untuk keberlanjutan lingkungan.

Secara keseluruhan, DaaS memberikan penggunanya fleksibilitas dan kebebasan dari tanggung jawab pengelolaan perangkat, yang tentunya akan memotong biaya total kepemilikan perangkat mereka.

Didirikan pada tahun 2007, Rentalworks melayani berbagai perusahaan di Malaysia, Singapura dan Indonesia dengan solusi DaaS yang yang dirancang khusus. “Kami menyediakan perangkat teknologi terbaik yang bisa perusahaan dapatkan, sesuai dengan budget yang mereka inginkan. Sistem sewa kami yang unik memastikan bahwa proses deployment, pemeliharaan dan pembaruan semua dikelola oleh Rentalworks, sembari memastikan bahwa semua perangkat terlindungi dari ancaman cyber dan dapat di-pantau dari mana saja dan kapan saja”

Sebagai pemilik perangkat, Rentalworks bertanggung jawab untuk memperpanjang masa guna aset tersebut dengan berbagai upaya pembaruan agar layak digunakan kembali. Dengan begitu, nilai guna perangkat dapat dimaksimalkan dan dampak negatif kepada lingkungan dapat diminimalisir. Untuk perangkat yang mencapai masa akhir kegunaannya, Rentalworks akan mendaur ulang perangkat tersebut sesuai kebijakan lingkungan yang berlaku.

Ingin tahu lebih lengkapnya mengenai DaaS dan bagaimana DaaS bisa membantu anda secara spesifik?
Hubungi kami untuk konsultasi gratis sekarang!

 

Bagikan Artikel

Baca Artikel Lainnya

Awal Perjalanan Kami – Rentalworks Indonesia

Pada tanggal 12 Oktober 2022, Rentalworks mengumumkan peresmian cabang pertamanya di Indonesia. Ini merupakan bagian dari komitmen Rentalworks untuk terus membantu dan melayani lebih banyak